Badan Ekonomi Kreatif Gelar “BEKRAF Developer Day Manado 2017”

Badan Ekonomi Kreatif Gelar “BEKRAF Developer Day Manado 2017”
Posted by:

Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF) dan Dicoding dengan dukungan Asosiasi Game Indonesia, Dicoding Elite, Komunitas ID-Android, Komunitas PHP Indonesia, IBM Indonesia, Intel Innovator, Google Developer Expert, Samsung Indonesia, LINE, dan perusahaan-perusahaan teknologi di Indonesia menggelar “BEKRAF Developer Day Manado 2017”.
Kegiatan dengan thema “Membangun Kemandirian Bangsa Melalui Digital” diikuti oleh para praktisi aplikasi, game, dan mahasiswa bertempat di Hotel Sintesa Penisula Manado (25/2).
Dalam kegiatan ini Para Praktisi aplikasi, game dan Bot/IoT berkumpul di Manado – memberikan bimbingan kepada developer untuk kemandirian bangsa.
Para peserta mendapatkan update teknis dari para praktisi yang telah sukses dalam pengembangan aplikasi, game, serta Bot dan Internet of Things yang dikemas dalam sesi inspirasi, workshop, live coding, dan talkshow.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Prov. Sulut Ir. Jenny Karouw, MSi mewakili Gubernur Sulawesi Utara dalam sambutannya  mengatakan, perkembangan TIK semakin pesat, seakan tidak habisnya dan terus menerus mengalami perkembangan yang mungkin tidak akan ada batasnya termasuk sektor ekonomi kreatif yang mengandalkan kreatifitas, inovasi dan skill. Perkembangan dan kemajuan tersebut tentu seiring dengan kebutuhan dan daya imajinasi yang terus juga mengalami peningkatan.
Menurut Karouw, hal ini juga dimotori dengan peningkatan pemakaian jaringan internet. Survei yang dilakukan APJI sepanjang tahun 2016 menemukan bahwa 132, 7 juta orang Indonesia atau 51,8 % telah terhubung ke internet, 67,2 juta orang mengakses melalui perangkat genggam dan komputer dan sebagian besar pengguna berada di pulau Jawa, yakni 83,3 juta orang atau 65%, 20,7 juta orang di Sumatera atau 15,7 %, 8,4 juta atau 6,3 % orang pengguna di Sulawesi, 7,6 juta orang atau 5,8% di Kalimantan, dan 6,1 juta orang atau 4,7% di Bali dan NTB serta 3,3 juta atau 2,5 % di Maluku dan Papua.
Lebih lanjut dikatakan, pertumbuhan internet juga ikut mengangkat grafik industri game di tanah air. Pada tahun 2015 pasar games  di diestimasi sekita $321 juta. “Ini merupakan kenaikan 56% dari hasil pendapatan ditahun 2014, yang juga menjadikan Indonesia diurutan ke 24 pada pasar games  di dunia dan urutan ke 2 di Asia Tenggara” Kata Karouw.
Realitas ini, menurutnya mau tidak mau harus terus diikuti oleh bangsa Indonesia agar tidak tertinggal dalam kemajuan teknologi dan telekomunikasi. “Kita harus mampu menangkap, mengelola dan mengoptimalkan potensi yang besar didalam negeri, jangan sampai kita menjadi penonton dalam dinamika dan geliat industri game saat ini” jelas Karouw.
Dikatakannya juga, diwaktu yang bersamaan, pemerintah harus mampu mengatur pengelolaan informasi dan transaksi elektronik di tingkat nasional sehingga pembangunan TIK dapat dilakukan secara optimal, merata dan menyebar ke seluruh lapisan masyarakat guna mencerdaskan, menjaga, memelihara dan memperkukuh persatuan dan kesatuan nasional.

Karouw berharap kepada seluruh peserta untuk menjadikan momentum ini sebagai wahana saling bertukar pikiran, berbagi informasi serta sebagai forum berbagi ide dan gagasan agar menghasilkan rumusan-rumusan yang konkrit dan terarah, sehingga kedepan kita dapat senantiasa berada dalam satu tekad, satu visi dan satu komitmen untuk menjadi developer game  yang kuat dan kreatif dalam memenangkan persaingan industri kreatif di kancah internasional.
Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Daerah Prov. Sulut, Drs. Roy M Tumiwa, MPD mengatakan, “BEKRAF Developer Day Manado 2017” ini merupakan kegiatan dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kompetensi para pelaku ekonomi kreatif, sehingga akan mampu menciptakan ekosistem bagi para Startup yang berkualitas khususnya di subsektor aplikasi, game, web dan Internet of Things (IOT), dan mampu menginspirasi para peserta dengan pengalaman para developer  yang telah sukses untuk memicu semangat kemandirian kewirausahaan developer  atau pengembang piranti lunak. (dkips/jor)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below