modoinding1.jpg


Siapa tidak mengenal Modoinding? Dataran tinggi yang cocok untuk tanaman hortikultura tersebut merupakan satu di antara kawasan pertanian primadona di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Aneka jenis sayuran dari Modoinding Kabupaten Minahasa Selatan seperti kentang, wortel dan kol tidak hanya memenuhi kebutuhan warga Sulut tapi juga disuplai hingga ke luar daerah.

Kentang, wortel dan kol dari Modoinding memenuhi permintaan hampir dari berbagai kota utama di Pulau Sulawesi mulai dari Manado, Gorontalo, Palu, hingga Makassar Sulawesi Selatan.

"Kebanyakan hasil pertanian dari Modoinding sini  juga dibawa ke  Ambon, Ternate,  Papua, Ambon hingga Kalimantan," kata Camat Modoinding Hansje Monintja kepada Tribun Manado, Minggu (9/6). Menurut camat, suplai sayuran dari Modoinding ke daerah-daerah tersebut rutin setiap bulan. Sesekali petani di sana pun memenuhi permintaan dari Pulau Jawa.  "Ya sesekali ada dari Jawa, tapi mereka sendiri yang datang jemput," ujarnya.

Pernyatan camat dibenarkan salah seorang distributor sayur di Modoinding, Ferry Manimpurung. "Biasa saya kirim  ke Ternate dan Tobelo tiga sampai empat kali seminggu, juga ke Maluku Utara," jelas Ferry yang juga mengusahakan lahan pertanian sendiri. di Modoinding. Ferry pun rutin menyuplai permintaan kentang, wortel dan kol dari Sorong, Papua. "Kalau ke Sorong itu itu biasanya dua minggu sekali, jumlah pengiriman tergantung permintaan," ujar Ferry yang menggeluti bisnis ini sejak 15 tahun lalu. Ferry yang sudah memiliki pelanggan tetap baik di wilayah Sulawesi maupun dari luar pulau melayani permintaan bervariasi.

"Kadang satu kali kirim bisa tiga truk, namun bisa juga hanya tiga mobil kecil. Semua tergantung pesanan dari sana," katanya. Soal keuntungan, dia menjawab diplomatis, "Hasilnya  cukup lumayan."


Kentang Super John
Pantauan Tribun Manado, Modoinding yang terdiri dari perbukitan dengan suhu yang adem itu sangat cocok untuk tanaman hortikultura. Kebanyakan yang ditanam petani di sana adalah kentang, wortel dan kol. Ada juga jenis tanaman lain yang ditanam seperti bawang, tomat, lombok dan sawi. 

Untuk kentang, petani Modoinding memilih jenis Super John yang merupakan bibit unggul. "Jenis Super John, kandungan airnya tinggi serta beratnya bisa mencapai satu liter lebih jika bagus," jelas Hengky, salah seorang petani. Selain itu, lanjut dia, kentang Super John awet dalam waktu lama."Cuma itu, biaya perawatannya cukup mahal sehingga memerlukan modal banyak kalau mau tanam kentang," sebutnya..
Berbeda dengan tanaman wortel yang tidak butuh perawatan yang rumit. "Kalau wortel, tinggal tanam dan perhatikan kebersihan lahan," kata dia.

Aneka sayuran Modoinding  dikenal memiliki rasa yang khas sehingga sangat digemari konsumen. Beberapa pejabat daerah di Sulut doyan sayuran dari daerah tersebut. Contohnya Bupati Minsel Tetty Paruntu. "Ibu bupati suka panen sendiri kentang di kebun," kata Ferry. "Juga baru‑baru saya atur sayur untuk pak Djouhari Kansil (Wakil Gubernur  Sulut) bawa pulang saat berkunjung ke Modoinding," tambahnya.

Kepada Tribun Manado,  Bupati Tetty Paruntu mengatakan daerah Modoinding  akan dikembangkan sebagai lokasi wisata holtikultura."Ya bisa saja pengunjung datang ke sana, mereka mau panen sendiri untuk dibawa pulang dan nanti mereka bayar ke pemilik lahan," ujar Tetty Paruntu beberapa waktu lalu. Ia menambahkan, daerah pertanian  Modoinding perlu dikembangkan dengan sentuhan modernisasi.

modoinding.png



Service Link

X
Login

You will be still signed in even when the browser is closed. It is not recommended to use this if you are using a public computer, for your personal information could be violated

X