Jumat, 20 November 2020
91

Dukung Gerakan Sulut Bermasker, Ketua MPR RI: Memakai Masker Wajib Dilakukan Sebelum Ada Vaksin

Manado - Dalam kunjungan kerjanya di Manado, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyatakan dukungannya atas rencana Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang akan menggelar Gerakan Sulut Bermasker pada akhir November ini.

Bambang Soesatyo menghimbau seluruh masyarakat Sulawesi Utara untuk lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) guna mencegah penyebaran covid-19 yaitu dengan melakukan 3M: memakai masker, mencuci tangan, dan selalu menjaga jarak.

Menurut Soesatyo, selama vaksin ini belum ditemukan, maka vaksin paling tepat yang harus kita lakukan adalah 3M ini, di dalamnya menggunakan masker dan ini wajib dilakukan.

Terkait penggunaan masker, Soesatyo mendukung penuh upaya Pemprov. Sulut bersama Forkopimda yang dalam waktu dekat ini akan mencanangkan Gerakan Sulut Bermasker.

Gerakan Sulut Bermasker dimaksudkan agar penerapan prokes bisa dilaksanakan oleh masyarakat Sulut khususnya dalam memakai masker. Pesan memakai masker bukan hanya diterima, tapi juga dapat diterapkan sehingga menjadi budaya yg mendarah daging bagi masyarakat Sulut.

Hal ini sejalan dengan imbauan WHO yang juga telah menyarankan penggunaan masker saat berada di luar rumah guna mencegah penularan Covid-19.

“Untuk seluruh warga Sulut agar dapat berkontribusi dan mematuhi arahan Presiden Joko Widodo terkait dengan 3K dalam memutus mata rantai penularan Covid-19,” pungkasnya.

Diketahui, Protokol 3K yaitu kesehatan, keamanan dan keselamatan, merupakan program Presiden RI Joko Widodo yang mengkolaborasikan 23 kementerian/lembaga, sehingga dapat menjamin kesehatan, keselamatan, dan keamanan wisatawan untuk hadir kembali ke destinasi pariwisata di Indonesia. (Dkips/ik)