Senin, 19 April 2021
54

Gubernur Keluarkan Surat Imbauan, Masyarakat Sulut Diminta Waspadai Dampak Siklon Tropis

Manado - Masyarakat Sulawesi Utara diminta untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi cuaca ekstrem yang terjadi belakangan ini. Melalui Surat Imbauan Gubernur Sulut Nomor 360/21.2467/Sekt.BPBD tentang Imbauan Kesiapsiagaan Terhadap Siklon Tropis, masyarakat diimbau untuk selalu hati-hati dan waspada terhadap kondisi cuaca saat ini.

Imbauan ini dikeluarkan oleh Pemprov Sulut setelah mendapatkan laporan hasil pemantauan dan analisa dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) beberapa waktu lalu.

"Bibit Siklon Tropis di bagian Utara Papua saat ini telah berkembang menjadi Siklon Surigae. Hal ini mengakibatkan terjadinya peningkatan kecepatan angin rata-rata di wilayah Sulawesi Utara," bunyi Surat Imbauan Gubernur Sulut yang dikeluarkan di Manado, Kamis (15/3/2021).

Siklon badai tropis tersebut bahkan diprediski akan berkembang menjadi badai tropis kuat hingga Typhoon (angin topan). Dampaknya, Siklon Tropis ini akan meningkatkan kecepatan angin yang diperkirakan akan terus menerus secara bertahap hingga mencapai puncak.

Selain angin, hujan dengan intensitas ringan hingga lebat berpotensi mengguyur wilayah Bumi Nyiur Melambai dalam beberapa hari kedepan. Tak hanya itu, gelombang laut tinggi juga harus diwaspadai khususnya bagi masyarakat Sulut yang tinggal di wilayah pesisir maupun yang hendak beraktivitas di daerah pantai, karena gelombang laut diperkirakan akan mengalami peningkatan ketinggian 4 sampai 6 meter.

Untuk itu, Pemprov Sulut mengimbau agar masyarakat dapat selalu waspada serta berhati-hati dalam melakukan aktivitas termasuk dalam melakukan perjalanan, mengingat potensi angin kencang, hujan lebat, banjir bandang, tanah longsor dan gelombang tinggi yang disinyalir akan terjadi dalam beberapa waktu kedepan.

Imbauan ini ditujukan kepada seluruh masyarakat Sulawesi Utara tanpa terkecuali, utamanya bagi yang bermukim di daerah aliran sungai, lereng rawan longsor serta tepi pantai. (dkips/ik)