Kamis, 21 Januari 2021
136

KPU Sulut Gelar Rapat Pleno Penetapan Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut Terpilih

Manado — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Terpilih Pada Pemilihan Tahun 2020, di Novotel Manado Golf Resort & Convention Center, Kamis (21/1/2021).

Pleno dibuka Ketua KPU Provinsi Sulut Ardiles Mewoh, didampingi Ketua Divisi Teknis KPU Sulut Yessy Momongan, Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Lanny A. Ointu, Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan Meidy Yafeth Tinangon, Ketua Divisi Sosialisas, Parmas dan SDM Salman Saelangi, dan Sekretaris KPU Sulut Pujiastuti.

Dalam rapat tersebut, KPU Prov. Sulut menetapkan Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut nomor urut 3, Olly Dondokambey – Steven Kandouw sebagai kandidat terpilih, dengan meraih suara terbanyak yaitu 821.503 suara.

“Menetapkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 3 sebagai paslon terpilih,” ujar Yessy Momongan.

Yessy Momongan menambahkan bahwa Pengumuman penetapan tersebut akan dipublikasikan pada laman dan papan pengumuman KPU Sulut.

Selanjutnya dengan disaksikan Bawaslu Sulut, Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh menyerahkan secara langsung Berita Acara penetapan paslon terpilih kepada Calon Wakil Gubernur Sulut terpilih Steven Kandouw didampingi partai politik pengusung.

Juga kepada pasangan calon nomor urut 1, nomor urut 2, serta kepada Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara, Bawaslu Sulut, dan partai politik.

Ardiles Mewoh menyampaikan terima kasih kepada semua warga Sulut karena begitu antusias menyalurkan hak pilihnya.

"Hal ini terbukti dengan tingginya angka Partisipasi di Sulut yaitu sebesar 79,7 persen atau di atas target nasional. Dan juga yang tertinggi dari semua provinsi penyelenggara Pilgub," pungkasnya.

Dalam kesempatan ini, Cawagub Steven Kandouw bersyukur karena tahapan demokrasi telah dilalui dan berjalan baik. Dan atas nama pasangan calon Olly Dondokambey dan Steven Kandouw (OD-SK), Kandouw menyampaikan apresiasi setinggi-tinggi kepada KPU Sulut, yang secara profesional, berintegritas serta telah melakukan penilaian secara objektif, sehingga dapat melaksanakan tahapan pemilihan kepala daerah di Sulut dengan baik.

“Pemilihan berjalan dengan baik dan profesional. Terima kasih," ucapnya.

"Begitu juga dengan stakeholder terutama TNI/Polri selama ini bahu membahu memberikan kenyamanan, perhatian, dan pendampingan pada kita semua,” tambahnya.

Selanjutnya Kandouw mengapresiasi paslon lainnya yang telah berperilaku dan bertindak profesional sebagai kandidat dalam pelaksanaan pilkada.

Kandouw juga memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat Sulut yang sudah berperan serta aktif menjadikan pilkada di Sulut. Dengan tingkat partisipasi sangat tinggi dan lebih baik dari pilkada lalu. Serta dengan gesekan yang relatif tidak ada.

"Atas nama OD-SK mari sama-sama bekerja untuk pembangunan Sulut,” pungkasnya. (Dkips/ik)