Kamis, 26 November 2020
99

Kunjungan di Kotamobagu, Fatoni Tinjau RS Rujukan Pasien C-19 serta Persiapan Pilkada di KPU dan Bawaslu

KOTAMOBAGU - Pjs. Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Dr. Drs. Agus Fatoni, M.Si., bersama jajaran Forkopimda Sulut melakukan kunjungan ke Kota Kotamobagu, Rabu (25/11/2020).

Kunjungan diawali di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kotamobagu di Kelurahan Pobundayan, Kecamatan Kotamobagu Selatan.

Menurut Pjs. Gubernur Agus Fatoni, maksud dari kunjungan ini adalah untuk memastikan kesiapan dalam penanganan Covid-19 baik dari sisi tempat tidurnya, tenaga medis, dan dari sisi kesiapan yang lainnya. Bahwa penanganan Covid-19 dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Fatoni juga mengingatkan pentingnya untuk terus memasifkan 3T yaitu 'testing' (tes), 'tracing' (penelusuran), dan 'treatment' (perawatan), hal ini sesuai dengan arahan pak Presiden Joko Widodo dalam memutus mata rantai penularan Covid-19.

“Kepada masyarakat juga untuk tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan dengan menerapkan 3M+1 yaitu menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan,” tandasnya.

Berkaitan dengan pelaksanaan Pilkada serentak yang akan diselenggarakan pada 9 Desember 2020, Pjs. Gubernur Fatoni beserta rombongan melanjutkan kunjungan ke KPU dan Bawaslu Kota Kotamobogu.

Menurut Fatoni, kunjungan ini bertujuan untuk melihat kesiapan dari penyelenggaraan pilkada di Kota Kotamobagu, terutama dalam merekap hasil pilkada nanti.

Dalam kunjungannya di kantor KPU, Fatoni memberikan apresiasi kepada KPU yang telah melakukan simulasi aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) yang akan dipakai untuk hasil perhitungan suara pada Pilkada.

Terkait kunjungan ke Bawaslu, Fatoni mengingatkan kepada pemerintah daerah agar terus berkoordinasi dengan pihak penyelenggara Pilkada guna meminimalisir pelanggaran-pelanggaran terkait pelaksanaan kampanye, serta penerapan protokol kesehatan demi suksesnya pelaksanaan Pilkada serentak.

Fatoni juga meminta untuk mengoptimalkan pengawasan-pengawasan yang ada di lapangan maupun di media sosial. Serta mengingatkan agar pengawasan terkait netralitas ASN dapat terus dipantau oleh pihak terkait.

Akhir kata, Fatoni mengapresiasi sinergitas yang dibangun pemerintah daerah dan penyelenggara pemilu dalam menciptakan pilkada yang aman dan damai.

“Jadi sinergitas ini penting kita lakukan antara penyelenggara pemilu, baik KPU dan Bawaslu dengan pemerintah daerah serta Forkopimda dan semuanya. Kita bersinergi bersama-sama untuk menciptakan pilkada yang aman, damai, sukses dan sehat,” pungkasnya.

Turut hadir dalam peninjauan tersebut, para pejabat di lingkup Pemprov Sulut dan Pemkot Kotamobagu.

Dalam kunjungannya di Kotamobagu, Pjs. Gubernur Agus Fatoni juga menyempatkan diri menghadiri kegiatan tatap muka bersama ASN di lingkup Pemerintah Kota Kotamobagu.

Menurut Fatoni, ada tiga tugas utama yang harus dijalankan ASN yakni terkait Pilkada serentak, penanganan Covid-19 dan antisipasi bencana.

Fatoni mengimbau seluruh ASN di Kotamobagu untuk dapat menggunakan hak pilihnya di Pilkada 9 Desember 2020 demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Sulut.

Lebih lanjut Fatoni mengingatkan ASN untuk bersikap netral dan profesional serta harus menyambut pesta demokrasi ini dengan senang dan gembira.

“Karena tidak ada yang perlu ditakutkan kalau kita tidak melanggar,” sambungnya.

“Jadi jangan alergi dengan kata politik, yang tidak boleh bagi kita itu politik praktis,” tandasnya.

Terkait pandemi Covid-19, Fatoni mengajak kepada semua lapisan masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan 4M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Yang terakhir mengenai upaya untuk mengantisipasi bencana, Fatoni mengingatkan kepada ASN agar mengantisipasi tingginya curah hujan di Sulut berdasarkan informasi dari BMKG.

“Oleh karena itu kita perlu mengantisipasi bencana, itu tiga PR utama kita,” ungkapnya.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Walikota Kotamobagu Tatong Bara, Sekda Kotamobagu serta pejabat Pemprov Sulut. (Dkips/ik)