Rabu, 20 Januari 2021
178

Mensos Risma Kunjungi Lokasi Bencana di Sulut

Manado- Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia Dr, (H.C.) Tri Rismaharini M,T didampingi Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw datang meninjau langsung lokasi banjir dan tanah Longsor di Sulawesi Utara, Rabu (20/01/2021).

Kunjungan Mensos dilakukan di beberapa titik lokasi banjir dan tanah longsor, yaitu:

Pertama, menuju ke lokasi banjir di kelurahan Ternate tanjung Kecamatan Singkil Kota Manado.

Kedua, Menteri dan rombongan langsung menuju ke lokasi longsor di Kelurahan Malalayang Satu Barat Kecamatan Malalayang.

Lokasi Ketiga, Menteri menuju ke lokasi akibat gelombang pasang di Desa Buloh Kecamatan Mandolang Kabupaten Minahasa.

Dalam kunjungan di ketiga lokasi, Mensos memberikan secara langsung bantuan berupa barang, makanan dan santunan untuk korban bencana.

Selanjutnya Mensos juga berkesempatan melewati lokasi pasca banjir di area Mantos dan Kawasan Megamas Manado.

"Kunjungan saya ke Sulawesi Utara, selain memberikan bantuan atau santunan ke keluarga korban dan juga mendapatkan masukan atau usulan dari Pak Wagub dan Walikota untuk perbaikan infrastruktur, terutama banjir, kemudian bagaimana relokasi warga yang rawan dan diusulkan rumah susun," kata Mensos Risma.

Lebih lanjut, Mensos menyampaikan yang diharapkan untuk kedepan adalah perbaikan insfrastruktur.
Hasil analisa menyatakan bahwa bencana banjir itu bersumber dari air laut naik, sementara curah hujan tinggi, sehingga air tidak bisa keluar.

"Oleh karena itu, kedepan harus ada pintu air dan pompa.
Untuk mengurangi air yang dari atas itu dengan pompa, kemudian menahan air yang dari laut itu dengan pintu air," ungkapnya.

"Dan kalau masalah longsor, itu harus dipindahkan karena tanah itu tidak memungkinkan dan itu ada usulan untuk rumah susun," sambungnya.

Akhir kata Mensos berjanji akan memberikan laporan kepada Presiden RI Joko Widodo, terkait hasil kunjungan ini. Mengenai penanganan banjir, pembuatan pintu air dan pompa. Kemudian untuk penanganan daerah rawan longsor, dipindahkan ke rumah susun.

"Semua ini, saya akan memberikan laporan ke Bpk. Presiden Joko Widodo," tandasnya. (Dkips/ik)