Sabtu, 01 Mei 2021
44

Peringati May Day 2021, Pemprov Sulut Gelar Bersih-Bersih Pantai Bersama Para Buruh

Manado - Peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) di Provinsi Sulawesi Utara diharapkan menjadi momentum kebersamaan dalam pemulihan kondisi ekonomi dan kesehatan akibat pandemi Covid-19. Hal ini disampaikan Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam acara Peringatan May Day Tahun 2021 yang dipusatkan di kawasan Megamas Manado, Sabtu (1/5/2021).

Mengusung tema "May Day Recover Together" berbagai agenda kegiatan dilakukan dalam acara ini, salah satunya yaitu penyampaian aspirasi dan sikap oleh beberapa perwakilan konfederasi buruh, yang naskahnya diterima langsung oleh Gubernur Olly Dondokambey. Selain itu, dilakukan pemberian bantuan kepada perwakilan Serikat buruh, berupa 600 paket sembako oleh Gubernur Olly Kapolda Sulut Irjen Pol Nana Sudjana, Pangdam XIII/Merdeka, Danrem 131/Santiago, Danlantamal VIII dan Danlanudsri Manado.

Dalam sambutannya, Gubernur Olly Dondokambey mengapresiasi peringatan Hari Buruh Internasional di Sulut 2021 yang diisi dengan kegiatan sosial berupa kerja bakti membersihkan pesisir pantai dan penyaluran bantuan. Lewat peringatan May Day kali ini, Gubernur berharap agar kondisi perekonomian dan kondisi kesehatan dapat segera pulih.

Menurut Olly, perayaan May Day dapat dimaknai dan dimanfaatkan untuk membangun hubungan industrial yang harmonis antara pekerja atau buruh dengan pemerintah serta pengusaha yang kedepannya akan berdampak pada pemulihan ekonomi di Sulawesi Utara.

"Perayaan Hari Buruh Internasional selayaknya menjadi momentum penyatuan arah dan persepsi antara pekerja dengan pemerintah dan para pengusaha dalam rangka peningkatan derajat kesejahteraan. Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, sudah selayaknya perayaan May Day kita arahkan sasarannya untuk pemulihan dalam berbagai hal terlebih khusus dalam pemulihan sektor perekonomian," kata Gubernur Olly.

Terkait dengan kegiatan kerja bakti pembersihan pesisir pantai, Gubernur mengajak seluruh pihak yang terlibat untuk melaksanakannya kegiatan dengan baik dan penuh keikhlasan, yang disertai dengan naluri gotong royong.

"Tetap patuhi protokol kesehatan selama kegiatan bersih-bersih, agar kita terhindar dari ancaman virus.
"Mari sama-sama kita budayakan kecintaan dan kepedulian kita terhadap kelestarian lingkungan, yang menjadi representasi nyata dari semangat hidup berdamai dengan lingkungan di bawah kesadaran bahwa Torang Samua Ciptaan Tuhan," ajak Olly.

Terkait aspirasi yang telah disampaikan perwakilan buruh kepada dirinya, Gubernur mengaku hal ini akan segera ditindaklanjuti, demi peningkatan kesejahteraan para buruh atau pekerja.

“Saya atas nama Pemprov Sulut mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang baik dari organisasi buruh yang sampai saat ini dapat terus terjaga, apalagi banyak usulan (dari organisasi buruh) yang telah diakomodir pemerintah daerah," ujarnya.

"Aspirasi ini akan kami diskusikan dalam pelaksanakan tugas dan tanggung jawab dalam kehadiran kami di tengah-tengah masyarakat, termasuk diantaranya para buruh dan pekerja serta organisasi buruh yang ada di Sulut,” pungkasnya.

Sebelumnya Ketua Panitia Lucky Sanger dalam laporan menyapa Gubernur dengan Bapak Buruh. Yang disaksikan oleh Ka. Disnakertrans Ir. Erni Tumundo dan seluruh rangkaian acara dibuka dengan Doa oleh Ketua FKUB Pdt. Lucky Rumopa, S.Th.

Rangkaian acara peringatan May Day 2021 di Sulawesi Utara diakhiri dengan kegiatan bersih-bersih pesisir pantai oleh para Serikat Buruh bersama personel TNI-Polri (dkips/ik).