Jumat, 18 September 2020
71

Rangkaian Kegiatan Hut ke-56 Provinsi Sulut Dibuka oleh Wagub Steven Kandouw, Ditandai dengan Lomba Kolintang K2SI

Rangkaian kegiatan HUT ke-56 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) telah dimulai. Diawali dengan Lomba Kolintang dan Vokalia, digelar berkat kerja sama Pemprov Sulut dan Kerukunan Keluarga Sulawesi Utara Indonesia (K2SI) yang telah dibuka oleh Wakil Gubernur Sulut Drs Steven OE Kandouw, di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut, Kamis (17/09/2020).

Iven yang akan berlangsung hingga tanggal 19 September 2020 mengusung tema "Mengangkat dan Melestarikan Budaya Sulawesi Utara".

Peserta Lomba Kolintang dibagi dalam 2 kategori, yakni: Kategori SD, SMP/sederajat dan Kategori SMA/SMK/sederajat, Mahasiswa dan Umum. Selain itu ada juga Lomba Vokalia Umum.
Dengan total hadiah sebesar Rp. 100 juta.

Mengawali acara pembukaan tersebut, Ketua Umum K2SI Febe Frida Enoch SH mengatakan lomba ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai budaya sebagai jati diri pada generasi muda Sulut agar mereka memiliki karakteristik manusia yang berbudaya di masa depan.

“Alat musik tradisional Kolintang yang kini menjadi kekayaan daerah Sulawesi Utara, merupakan warisan budaya Indonesia, berhak dan layak mendapatkan pengakuan UNESCO. Kita patut lestarikan Kolintang, termasuk nilai budaya daerah kita di Sulut,” kata Ketum Febe Enoch.

Atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara Gubernur Olly Dondokambey, dalam sambutan Wagub memberi apresiasi atas kegiatan Lomba Kolintang dan Vokalia yang digelar K2SI. K2SI selaku penyelenggara Lomba, menginisiasi bahkan membiayai secara murni kegiatan ini.

Wakil Gubernur Sulut Drs Steven OE Kandouw mengatakan, kebudayaan sebagai kekayaan milik daerah, patut diangkat dan dilestarikan keberadaannya termasuk nilai-nilai yang terkandung di dalam kebudayaan itu sendiri.

Akhir kata Wagub mengajak para peserta lomba untuk menunjukkan kreativitas yang dimiliki sekaligus mengajak masyarakat memberi support pada para peserta lomba yang didominasi anak dan remaja.

“Mari tunjukan kreativitas anda, tunjukan hasil latihan yang selama ini dipersiapkan para pembimbing, sekaligus mari memberi support pada anak-anak untuk selalu berikhtiar menjadi pemenang, paralel dengan kejujuran untuk menilai bahwa orang lain lebih baik dari kita,” pungkas Wagub Kandouw.

Mengakhiri sambutannya, Wakil Gubernur Steven Kandouw bersama Ketua Umum K2SI Febe Frida Enoch dan Ketua Panitia HUT ke-56 Prov. Sulut Asiano Gammy Kawatu memukul alat musik tradisional Kolintang sebagai tanda dibuka secara resmi Lomba Kolintang dan Vokalia.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut pejabat di lingkup pemprov Sulut, pengurus K2SI, peserta dan para tamu undangan. (Dkips/ik)