Menu Lainnya

Resmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan hingga Bagi-bagi Sepeda Gratis, Presiden Jokowi Didampingi Gubernur Olly Optimis Sulut Bangkit Lebih Cepat


Beranda / POSTINGAN

Resmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan hingga Bagi-bagi Sepeda Gratis, Presiden Jokowi Didampingi Gubernur Olly Optimis Sulut Bangkit Lebih Cepat

Thursday, 19 January 2023

Manado - Gubernur Olly Dondokambey mendampingi Presiden RI Joko Widodo dalam kunjungan kerja di Sulawesi Utara, Kamis (19/1/2023).

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Bupati Minahasa Utara Joune Ganda dan Wakil Bupati Minut Kevin Dotulong meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan, kabupaten Minahasa Utara.

Pembangunan Bendungan Kuwil Kawangkoan memakan waktu 5,5 tahun, dibangun sejak 2016 lalu, dengan anggaran Rp1,9 triliun. Bendungan ini memiliki kapasitas tampung sebesar 26 juta meter kubik dengan luas genangan 157 hektare.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan bendungan Kuwil ini selain dimanfaatkan untuk persedian air baku bagi Manado, Minahasa Utara dan Bitung, juga dapat dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga Mikrohidro yang menghasilkan tenaga listrik 2X0,70MW.

"Meskipun kecil tetapi bisa menjadi pembangkit listrik Mikrohidro," ucap Presiden.

Presiden juga mengharapkan bendungan ini dapat menjadi salah satu solusi untuk mencegah banjir, terutama bagi wilayah Manado yang pernah dilanda banjir pada tahun 2014 lalu.

“Kalau enggak dihentikan di sini, airnya bisa lari dan bisa menyebabkan Manado banjir, seperti kita ingat pernah 2014 di Manado pernah banjir bandang,” sambungnya.

Dalam peresmian tersebut, Presiden berkesempatan mengajukan pertanyaan kepada sejumlah pelajar dari SD, SMP, dan SMA yang hadir dan memberikan hadiah sepeda.

Usai meresmikan Bendungan Kuwil, Presiden bersama rombongan terbatas menebar benih ikan di Bendungan Kuwil.

Sebelumnya, Presiden beserta rombongan mengunjungi Pasar Pinasungkulan Karombasan, kota Manado dan Pasar Airmadidi, kabupaten Minahasa Utara, menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan membagikan paket sembako kepada pedagang pasar.

Selanjutnya Presiden beserta rombongan mengunjungi wilayah KEK Likupang dan pelabuhan Munte Likupang.

Dalam kesempatan, Presiden menegaskan bahwa Sulut pasti mampu bangkit lebih cepat pasca pandemi Covid-19 karena dari segi pertumbuhan ekonomi sangat bagus, bahkan di atas rata-rata nasional.

Akhir kata Presiden menyampaikan bahwa berbagai infrastruktur di Sulut yang telah dibenahi ini, diharapkan mampu menarik investor untuk masuk, sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan baik domestik maupun internasional. (Dkips/*)

Bagikan :
Facebook Twitter Whatsapp