Upacara Puncak HUT ke-56 Provinsi Sulut Digelar

Thursday, 24 September 2020

Gubernur Olly Dondokambey menjadi Inspektur Upacara dalam Upacara puncak peringatan HUT ke-56 Provinsi Sulawesi Utara yang pelaksanaannya secara sederhana di halaman kantor Gubernur, Rabu (23/09/20).

Suasana HUT ke-56 Provinsi Sulut sangatlah berbeda dibandingkan tahun sebelumnya, tahun ini akibat pandemi Covid-19 semuanya menjadi serba terbatas. Tapi walaupun demikian, mengagumkan karena tak tergeserkan rasa syukur dan sukacita begitu mendalam dirasakan sehingga upacara puncak di halaman kantor gubernur berjalan dengan penuh hikmat.

Dalam sambutan Gubernur Olly menyampaikan bahwa walaupun tahun ini HUT ke-56 diperingati dalam nuansa yang berbeda sederhana dan tidak semeriah seperti tahun sebelumnya, namun dalam kondisi apapun selayaknya kita mampu mensyukuri dan memaknai peringatan tahun ini sebagai momentum refleksi terhadap apa yang telah diperjuangkan oleh founding fathers para pendahulu kita.

Upacara tersebut Gubernur Olly bersama Ibu Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan mengenakan pakaian sangihe dengan warna keemasan.

Gubernur Olly menuturkan, di usia 56 tahun Provinsi Sulut, spirit persatuan dan kebersamaan masyarakat dalam membangun bangsa dan daerah harus tetap terjaga agar progres pembangunan di Sulut akan semakin baik, dan dapat menjadikan Sulut semakin hebat lagi.

“Menjadi harapan, dalam peringatan momentum bersejarah hari ini, seluruh masyarakat dari Miangas sampai Pinogaluman akan bersama-sama larut dalam suasana sukacita melintasi sejarah panjang Sulawesi Utara," kata Gubernur Olly.

“Kemajuan Sulut signifikan terjadi karena adanya stabilitas keamanan yang kondusif dan toleransi kerukunan yang terpelihara. Untuk itu, atas nama pemerintah provinsi sangat berterima kasih kepada aparat keamanan, Forkopimda, tokoh agama atas peran mereka senantiasa terus terwujud”.

Gubernur Olly sedikit membeberkan kemajuan Sulut ditangannya dan Wakil Gubernur Steven Kandouw. Mulai dari sektor perikanan, pertanian, kelautan hingga pariwisata.
“Bidang-bidang ini menjadi tolak ukur pertumbuhan ekonomi Sulut,” sambungnya.

Atas keberhasilan itu, Pemprov Sulut mendapatkan sejumlah penghargaan. Di antaranya, prestasi yang membanggakan dari sektor pariwasata, yakni dinobatkan sebagai The Rissing Star of Year. Sejak dipimpin OD-SK, Sulut dalam kunjungan pariwisata meningkat sampai 500 persen.
“Ini atas terobosan kami yang membuka dirrect flight (penerbangan langsung) ke beberapa negara,” katanya.

Penghargaan lainnya dari bidang tenaga kerja. Diberikan prestasi Paritrana oleh Presiden Joko Widodo karena Pemprov Sulut memperhatikan para lembaga keagamaan.

Di akhir amanat, Gubernur Olly mengimbau seluruh masyarakat di Sulut menyukseskan Pilkada serentak 9 Desember 2020.
“Mari sama-sama jaga kerukunan di tengah masyarakat. Tetap perhatikan adaptasi kebiasaan baru di era new normal,” terangnya.

“Protokol kesehatan yang dianjurkan
pemerintah. Tak henti-hentinya kita anjurkan untuk pakai masker dan jaga jarak, cuci tangan dan bersih selalu,” tukasnya.

Dan yang menjadi Komandan Upacara adalah Kadis Perhubungan Linda Wantania, dengan peserta 8 Pleton masing-masing beranggotakan 5 orang, Pok Satsik Anjadem XIII/Merdeka dan Penggerek bendera 3 orang Paskibra.

Usai upacara Gubernur Olly Dondokambey dan Ketua TP PKK Rita Dondokambey-Tamuntuan, Wagub Steven Kandouw dan Wakil Ketua TP-PKK Sulut Kartika Kandouw-Tanos, Sekdaprov Edwin Silangen dan Ketua DWP Prov Sulut, para Bupati dan Walikota se-Sulut serta para mantan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut melanjutkan acara di DPRD Sulut untuk menggelar Rapat Paripurna dalam rangka memperingati HUT ke-56 Provinsi Sulut.

Sebelum mengikuti rapat, Gubernur melakukan peresmian terhadap miniatur rumah 3 etnis yang terletak di depan kantor DPRD Prov. Sulut.


Pada rapat paripurna walaupun digelar sederhana tapi ada makna tersendiri menjadikan kenangan indah. Apalagi di sana Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw serta Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw atas pencalonan di Pilkada, menjadi hari terakhir beraktivitas secara formal.Kiranya hari bersejarah ini akan terpatri di hati sanubari kita yang bermuara pada Sulut Hebat Indonesia Maju.

Turut hadir secara virtual dalam rapat tersebut Ketua DPR RI Puan Maharani, anggota DPR RI serta DPD perwakilan Sulut. (Dkips/ik)

Kategori

Back To Top