Rabu, 24 Februari 2021
146

Wagub Steven Buka Assessment Kompetensi ASN Pemprov Sulut

Manado-Wakil Gubernur Sulawesi Utara Sulut Steven O.E. Kandouw membuka secara resmi kegiatan Assessment Kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut) di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut, Rabu (24/2/2021).

Sebagai bentuk aktualisasi amanat Peraturan Gubernur Sulut Olly Dondokambey Nomor 59 Tahun 2020 tentang Pengembangan Kompetensi PNS Provinsi Sulut, maka Pemprov Sulut menggelar kegiatan tersebut dengan tujuan untuk penyiapan bank kompetensi Pemprov Sulut dan mengidentifikasi gab kompetensi kinerja.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Prov. Sulut ini, merupakan tahap yang ke dua, diikuti oleh para Pejabat Pengawas (Eselon IV) Lingkup Pemprov. Sulut.

Kegiatan ini digelar dalam 3 tahap. Tahap pertama, diikuti oleh Pejabat Administrator (Eselon III), telah dilaksanakan pada Selasa, kemarin. Dan tahap ke tiga, diikuti oleh jabatan Pelaksana (Gol.IIIb s.d IVa, dengan usia maksimal 45 tahun), rencananya akan digelar pada tanggal 2 Maret, nanti.

Dalam sambutannya, Wagub Steven Kandouw menegaskan bahwa Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan prioritas kepemimpinan Olly-Steven periode 2021-2024.

“Di periode kedua kepemimpinan Olly-Steven, prioritas utama adalah peningkatan SDM selain infrastruktur. Pemprov Sulut adalah role model untuk kabupaten kota di Sulut. Kita harus punya kapabilitas yang lebih baik,” tutur Wagub Steven.

"Assessment kompetensi sebagai bahan kajian dalam penentuan kebijakan "merit system" pada manajemen kepegawaian, serta untuk mewujudkan pembinaan dan pengembangan SDM Aparatur secara sistemik – holistik – berkelanjutan (terencana – terstruktur – terarah dan terukur serta terintegrasi berkelanjutan)," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Wagub Steven juga mengingatkan para peserta untuk tidak memandang assessment ini sebagai formalitas semata. Karena melalui kegiatan ini, kemampuan ASN diukur dan dijadikan sebagai acuan peningkatan karir di lingkup Pemprov Sulut.

“Assessment ini adalah variabel utama karena pengangkatan pejabat Pemprov Sulut diprioritaskan yang berasal dari internal lingkungan Pemprov Sulut,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten III Setda Prov. Sulut Gammy Kawatu, Kepala BPSDM Sulut Roy Tumiwa, Kepala BKD Sulut Femmy Suluh serta para pejabat terkait lainnya di lingkup Pemprov Sulut. (Dkips/ik)