Kamis, 18 Februari 2021
184

Wagub Steven Kandouw Lantik Jemmy Ringkuangan sebagai Penjabat Sekda Tomohon dan Serahkan 5 SK PLH Bupati/Walikota

Manado-Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov. Sulut) Wakil Gubernur Sulut Steven O.E. Kandouw resmi melantik dan memimpin pengambilan janji jabatan, Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Setdaprov Sulut, Jemmy Ringkuangan sebagai Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tomohon, sekaligus dengan penyerahan 5(lima) Surat Keputusan Pelaksana Harian (Plh) Bupati/Walikota di Ruang C.J. Rantung Kantor Gubernur Sulut, Kamis (18/02/2021).

Pelantikan ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Sulut Nomor 821.2/BKD/SK/04/2021 tentang penunjukan Sekdakot Tomohon.

Tugas masa kerja Penjabat Sekdakot Tomohon paling lambat tiga bulan dan atau berhenti pada saat pelantikan Sekdakot Tomohon definitif, sesuai dengan yang tercantum dalam SK tersebut.

Diketahui, kebijakan tersebut diambil untuk mengisi kekosongan kepemimpinan di pemerintahan Kota Tomohon, berkaitan dengan penundaan pelantikan Walikota dan Wakil Walikota terpilih hasil Pilkada 2020, Caroll Senduk dan Wenny Lumentut, yang seharusnya dilaksanakan pada Rabu (17/02/2021), namun diundur pada Jumat (26/02/2021).

Dan untuk kabupaten/kota yang lain sesuai Edaran Pak Menteri, dipercayakan kepada Sekretaris Daerah.

Dalam kesempatan itu, dibacakan juga radiogram Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang menyebut bahwa pengisian Plh Bupati/Walikota berlaku untuk Pemkab. Minahasa Selatan, Minahasa Utara, Bolaang Mongondow Selatan, Bolaang Mongondow Timur dan Pemkot. Tomohon.

Dalam sambutannya, Wagub Kandouw menyampaikan bahwa di Kota Tomohon harus ada Penjabat Sekda yang kemudian ditunjuk sebagai Pelaksana Harian (PLH) Walikota.

“Untuk itu legitimasi ini penting. Tugas utama menjaga kontinuitas, menjaga keberlangsungan pemerintahan di daerah masing-masing. Tugas utama lain mempersiapkan pelantikan bupati dan walikota,” tutur wagub.

“Pesan saya mari kita tetap jaga ini walaupun hanya sembilan hari, waktu yang singkat. Manfaatkanlah semua kesempatan. Tunjukan output dan outcome biar cuma beberapa hari tunjukan siapa kita. Boleh jadi pamong, pemimpin daerah di masing-masing daerah. Selamat bertugas,” tandas Wagub Steven.

Menanggapi keputusan tersebut, Jemmy Ringkuangan menyatakan siap menjalankan tugas dan amanat yang sekaligus merupakan sebuah kepercayaan dari pimpinan.

“Harapan Saya dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, terutama dalam menjalankan roda pemerintahan sampai dilantiknya Walikota dan Wakil Walikota yang baru,” tukasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten I Setda Prov. Sulut Edison Humiang, Asisten III Setda Prov. Sulut Gammy Kawatu, Ka. Badan Kepegawaian Daerah Prov. Sulut Femmy Suluh, Karo. Pemerintahan Prov. Sulut Jemmy Kumendong, Ibu Ketua Dharma Wanita Persatuan Biro PBJ serta para pejabat terkait lainnya di lingkup Pemprov. Sulut. (Dkips/ik)